Kamis, 11 November 2010

Prasasti Peninggalan Kerajaan Mataram

Disini saya mau berbagi materi pelajaran sejarah kelas 11 semester 1.. heheh :P mengenai kerajaan Mataram yang tersohor itu. Dibawah ini saya menyebutkan beberapa prasasti peninggalan kerajaan Mataram beserta isinya.. so let’s cekibrot!! :D

Prasasti-Peninggalan Kerajaan Mataram
1. Prasasti Nalanda (India, 860M)
“Permohonan Balaputradewa raja Sriwijaya kepada Dewapaladewa dari kerajaan Cola untuk mendirikan sebuah wihara bagi kepentingan pelajar-pelajar Sriwijaya yang sedang belajar di Nalanda.”
Menerangkan silsilah,  bahwa kakek Balaputradewa adalah raja dari Mataram dan Sriwijaya.


2. Prasasti Klurak (782M atau 704 saka)
“Pendirian arca manjusri oleh Kumaragosa dari Gaudi pada masa pemerintahan Dharanindra yang bergelar Sanggaramandananjaya dan mempunyai julukan Wairiwarawirawimardhana (pembunuh musuh yang gagah berani).”

3. Prasasti Balitung / Kedu / Mantyasih (907M)
“Di bawah ini adalah nama raja-raja yang memerintah sebelum Dyah Balitung :
1) Sri Maharaja Sanjaya
2) Rakai Panangkaran
3) Rakai Panunggalan
4) Rakai Warak
5) Rakai Garung
6) Rakai Pikatan
7) Rakai Kayuwangi
8) Rakai Humalang”

4. Prasasti Ratu Boko bersyair Jawa Kuno / Wantil
“Seorang Brahmana bernama Jatiningrat mempunyai permaisuri yang berbeda agama. Balaputradewa menimbun ratusan batu guna dijadikan benteng pertahanan melawan Jatiningrat.”

5. Prasasti Argopuro
“Peresmian Desa Manua Tengah menjadi Desaa Perdikaan oleh Rake Pikatan Mpu Manuku pada masa pemerintahan Dyah Lokapala Mpu Kayuwangi.”

6. Prasasti Kalasan (778M)
“Guru-guru sang raja yang merupakan mustika keluarga Syailendra telah berhasil membujuk maharaja Tejahpurnopana Panangkaran untuk mendirikan bengunan-bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah biara untuk para pendeta dalam kerajaan keluarga Syailendra. Lalu Panangkaran menghadiahkan desa Kalasan kepada Sangha.”

7. Prasasti Tuk Mas
“Mata air yang jernih dan bersih ada yang keluar dari batu atau pasir ke tempat yang banyak bunga teratai putih, mengalir kesana kemari lalu setelah bersatu mengalir seperti sungai Gangga.”

8. Prasasti Karang Tengah (824M)
Menceritakan Samaratungga yang mempunyai seorang puteri bernama Sri Pramardhawardhani yang telah mendirikan bangunan suci di Yinalaya.

9. Prasasti Ligor (Malaysia, 775M)
Menceritakan adanya hubungan antara kerajaan Mataram di Jawa Tengah dengan kerajaan Sriwijaya di Sumatra.

10. Prasasti Canggal (732M)
Menceritakan tentang perndirian Lingga (lambang Syiwa) di desa Kunjarakunja oleh raja Sanjaya dan diceritakan juga bahwa yang menjadi raja mula-mula adalah Sanna, kemudian digantikan oleh Sanjaya anak Sannaha (saudara perempuan Sanna).

11. Prasasti Sojomedo (Batang, Pekalongan, Jawa Tengan)
Menceritakan bahwa adanya tokoh bernama Dapunta Salendra yang menurut dugaan para ahli merupakan cikal bakal Dinasti Syailendra di Jawa.

1 komentar: